Bersama Menjaga Nilai-nilai Kesaktian Pancasila

Hari Sabtu lalu, 1 Oktober adalah bertepatan dengan hari kesaktian Pancasila, dimana pada beberapa tahun lalu satu hari sebelumnya telah terjadi tragedi yang terkenal G30SPKI. Dan kita bersyukur Negara kita tercinta Indonesia selamat dari upaya pemusnahan tersebut.

Untuk menjaga nilai-nilai pancasila adalah dengan menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Kita tahu bahwa Indonesia kaya akan bahasa, budaya, dan Agama. Maka untuk pemersatu bangsa Indonesia adalah dengan menerapkan nilai persatuan yang terkandung dalam Pancasila.

Di SMK Islamic Centre Baiturrahman untuk memperingati hari Kesaktian Pancasila dengan melaksanakan upacara pada hari Senin, 3 Oktober 2016. Sekolah tidak dapat melaksanakan peringatan pada hari Sabtu, 1 Oktober 2016 karena sekolah menerapkan 5 hari kerja, sehingga hari sabtu dan minggu libur. Menurut Bapak Wakil Kepala Sekolah, Pak Irham Latief bahwa “Teks Pancasila tidak hanya untuk dibaca ketika di upacara-upacara hari besar nasional, tetapi setiap individu harus hafal dan dapat mengamalkan nilai-nilai pancasila tersebut”.

Di sekolah banyak ragam bahasa dan budaya karena pendidik dan peserta didik berasal dari daerah yang berbeda, itu menjadi tugas pendidik dan peserta didik untuk tidak saling mencela, merendahkan, tetapi untuk menjaga persatuan, toleransi dan kebersamaan dalam beraktifitas di lingkungan sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *