SMK Islamic Centre Baiturrahman Semarang Adakan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS Periode 2024/2025

SMK Islamic Centre Baiturrahman Semarang mengadakan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS (PILKETOS) periode 2024/2025 pada hari Kamis (21/03/2024), yang dilaksanakan di Laboratorium Fiber Optik mulai pukul 09.00 WIB. Kegiatan ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan-kegiatan sebelumnya, yaitu debat dan orasi kandidat (penyampaian visi dan misi untuk menjelaskan program kerja yang akan dilaksanakan pada masa jabatan 2024/2025). Ada dua calon yang siap bersaing untuk posisi Ketua dan Wakil Ketua OSIS :

Setiap calon memiliki visi dan misi mereka sendiri tentang bagaimana mereka akan memimpin OSIS dan berkontribusi dalam pengembangan sekolah. Mereka menonjolkan ide-ide inovatif mereka melalui berbagai cara, seperti poster kampanye, video kampanye, dan pertemuan langsung dengan siswa. 

Kegiatan Pemilihan Ketua OSIS adalah suatu agenda tahunan di seluruh sekolah yang ada di Indonesia untuk memilih kandidat calon ketua terbaik sebagai pemimpin, dan tentunya para kandidat yang akan dipilih nantinya adalah para siswa-siswi terbaik sekolah. Tujuan utama dari penyelenggaraan pemilihan ketua OSIS adalah untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi dalam demokratisasi di lingkungan sekolah serta memilih pemimpin yang mampu mewakili dan mengemban tanggung jawab sebagai perwakilan siswa.

Pemilihan ini diikuti oleh kepala sekolah, guru, karyawan, dan seluruh siswa SMK Islamic Centre Baiturrahman Semarang dengan sistem pemungutan suara. Untuk memberikan pendidikan demokrasi dan pengetahuan sejak dini tentang tata cara pemilu bagi para siswa. Melalui pemilihan ini maka semua siswa akan terlibat dalam melatih demokrasi tingkat sekolah.

Kegiatan ini merupakan rangkaian untuk memberikan Pendidikan demokrasi melalui sistem pemungutan suara. Sehingga pada akhirnya para siswa/siswi dapat menanamkan jiwa demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat.

Tahapan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS, dimulai dengan cara bergiliran setiap kelas untuk melakukan pencoblosan. Kemudian dilanjutkan dengan mengambil kertas suara untuk dicoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPA). Setelah mencoblos, siswa-siswi akan diarahkan untuk mencelupkan jari kelingking ke dalam tinta sebagai bukti telah melakukan pilketos. Dilanjutkan dengan perhitungan suara, dengan hasil akhirnya adalah pengumuman pemenang dalam pemungutan suara.

Hasil perhitungan kartu suara untuk paslon 1 sebanyak 40, sementara paslon 2 sebanyak 140. Dengan terpilihnya Avino Firdaus Diwanto Putra dan Fariz Rizky Maulana sebagai ketua dan wakil ketua OSIS, diharapkan akan terjadi perubahan positif dalam lingkungan sekolah dan siswa akan semakin aktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan di sekolah. Semoga OSIS SMK Islamic Centre Baiturrahman Semarang semakin berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi seluruh siswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *