Hari pramuka sekaligus hari qurbannya SMKICB

Semarang 14 Agustus 2019 – Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia. Kata “Pramuka” merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya. Tapi sebelum singkatan ini ditetapkan, kata Pramuka asalnya diambil oleh Sultan Hamengkubuwono IX dari kata “Poromuko” yang berarti pasukan terdepan dalam perang.

Gerakan pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka:

Memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, berkecakapan hidup, sehat jasmani, dan rohani;

Menjadi warga negara yang berjiwa Pancasila, setia, dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik, dan berguna, yang dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan bangsa, dan negara, memiliki kepedulian terhadap sesama hidup, dan alam lingkungan. (Wikipedia). Hari ini memperingati hari Pramuka yg ke 58 SMK Islamic center Baiturrahman Semarang melaksanakan upacara.

IMG-20190818-WA0000

Setelah melaksanakan upacara, siswa dan guru bergegas menuju lapangan tengah untuk menyaksikan dan membantu penyembelihan hewan kurban. Siswa sangat antusias dari mulai penyembelihan sampai dengan peracikan.

IMG-20190818-WA0002

SMKICB berqurban 1 sapi, ditambah 1 kambing dari Ibu Kepala Sekolah, qurban di sekolah ini digunakan sebagai media edukasi kepada siswa siswi tentang bagaimana tata cara berqurban, jadi tidak hanya diajarkan secara teori saja tapi ada bentuk nyata praktiknya di Sekolah.

Red; rbs


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *