Peringatan Hari Kartini — Membangun Generasi Muda Melalui Budaya Literasi

Semarang – 21 April 2017 merupakan salah satu momen yang paling penting dalam perkembangan sejarah bangsa Indonesia. Pada tanggal 21 April 1879 lahir seorang pahlawan bangsa bernama R.A Kartini, seorang wanita yang memiliki konsep pemikiran yang luar biasa bagi perkembangan dan kemajuan wanita Indonesia.
Peringatan hari lahri R.A Kartini ini juga diperingati oleh SMK Islamic Cemnte Baiturrahman Semarang. Serangkaian kegiatan dari mulai upacara dengan baju khas adat jawa, lomba-lomba peringatan hari kartini dilaksanakan dengan penuh hikmat.
Menyongsong peringatan hari kartini ini ada satu hal menarik yang diamanatkan oleh kepala SMK Islamic Cemnte Baiturrahman Semarang, Dra. Sri Tantowiyah M.Pd melalui cerita singkat perjuangan R.A Kartini melalui surat kepada sahabatnya di Belanda. Perjuangan kartini sangat singkat, namun melalui setiap tulisanya jadilah sebuah buku dengan judul “Habis Gelap Terbitlah Terang” yang begitu menginspirasi setiap wanita di Indonesia. Satu perjalanan menarik pula dari R.A Kartini adalah pandanganya tentang Islam sebagai agama yang harus dipatuhi dalam iman.
Dari peringatan hari Kartini ini pula, perlu ditegaskan bahwa perjuangan dapat ditempuh melalui banyak cara. Sebagai generasi yang hidup di era modern kita bisa mengambil contoh dari R.A kartini yang dapat berjuang melui budaya literasi (tulis-menulis). Generasi sekarang harus terbiasa menjadi generasi yang cinta dengan budaya literasi dan mampu nmengembangkan kerangka konseptual yang dapat memberikan manfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan.

red; Ahmad Rizqiyani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *