Spray Antiseptik Daun Kersen

Kesehatan adalah hal yang paling penting di dalam kehidupan manusia. Manusia kurang menyadari penting nya kesehatan.kesehatan manusia dimulai dari hal yang paling kecil,yaitu mencuci tangan sebelum makan.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui cara memanfaatkan daun kersen sebagai bahan antiseptik alami, agar mengetahui seberapa efektif daun kersen dapat dimanfaatkan sebagai spray antiseptik alami dan tujuan yang kedua adalah mengetahui keuntungan menggunakan antiseptik dari daun kersen ini sebagai spray  antiseptik alami.

Alur penelitian ini adalah ide, studi literature, persiapan alat dan bahan, penelitian pendahuluan, percobaan, penyebaran angket penelitian dan analisis data. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa rebusan daun kersen dapat digunakan sebagai spray antiseptik yang sehat dan ramah lingkungan. Hal tesebut dibuktikan dengan kandungan yang terdapat di dalam daun kersen yaitu senyawa flavonoid yang dapat membunuh kuman atau bakteri, selain itu spray antiseptik ini tidak menimbulkan berupa limbah cair dan aman bagi lingkungan. Spray antiseptik dari daun kersen juga menimbulkan bau yang khas dan spray tersebut menghasilkan rasa yang dingin karena ditambahkan dengan daun mint.

Berdasarkan hasil analisis angket tanggapan siswa terhadap spray antiseptik daun kersen ini, siswa memberikan respon yang positif terhadap spray tersebut, itu dibuktikan sebanya 83,25% siswa tertarik menggunakan spray antiseptik daun kersen karena aman, terbuat dari bahan organic, dan mudah dibuat tanpa biaya yang mahal.

Artikel lengkap dapat anda download pada link di bawah ini

Download

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *