Feminax Berikan Edukasi Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) pada Remaja Putri SMK Islamic Centre Baiturrahman Semarang

Semarang (19/02/2024) – Menstruasi menjadi tanda seorang perempuan memulai masa pubertasnya. Pengetahuan yang baik terhadap menstruasi sangat diperlukan guna tidak menimbulkan dampak buruk akibat penanganan yang kurang benar. Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) adalah pengelolaan kebersihan dan kesehatan pada saat perempuan mengalami menstruasi. Perempuan harus dapat menggunakan pembalut yang bersih, dapat diganti sesering mungkin selama periode menstruasi, dan memiliki akses untuk pembuangannya, serta dapat mengakses toilet, sabun, dan air untuk membersihkan diri dalam kondisi nyaman dengan privasi yang terjaga.

Remaja seringkali merasa malu apabila membahas tentang menstruasi, terutama bagi mereka yang baru pertama kali. Menstruasi hingga saat ini masih dianggap sebagai topik yang tabu untuk dibahas. Hal tersebut menimbulkan kurangnya pengetahuan sebagian besar remaja tentang cara pengelolaan kebersihan dan kesehatan saat periode menstruasi. Oleh sebab itu, Feminax Lancar Haid Goes to School membuat sebuah program Sosialisasi Manajemen Keberihan Menstruasi (MKM) pada remaja masa pubertas.

Program sosialisasi MKM dilaksanakan pada hari Senin, 19 Februari 2024 berlokasi di Aula Gedung C SMK Islamic Centre Baiturrahman Semarang. Sosialisasi dilakukan dengan edukasi MKM kemudian dilanjutkan dengan sharing remaja bersama dokter yang didatangkan oleh tim Feminax. Acara tersebut diikuti oleh seluruh siswi kelas X, XI, dan XII SMK Islamic Centre Baiturrahman Semarang. 

Seluruh siswi diajarkan cara mengelola kebersihan dan kesehatan menstruasi dengan baik  dan benar diantaranya bagaimana memakai pembalut dan membuangnya, kapan waktu yang tepat untuk mengganti  pembalut, mengatasi Premenstrual Syndrom (PMS) sampai membahas mitos dan fakta seputar menstruasi. Edukasi dilakukan dengan beragam aktivitas. Mulai dari bernyanyi, menonton video, sharingpengalaman, games, hingga membuat infografis dan poster sesuai materi yang siswa-siswi terima. Diharapkan setelah dilaksanakan program ini, para remaja lebih peduli akan pentingnya Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM). 

Red : Humas SMK Islamic Centre Baiturrahman Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *