PERINGATAN ISRA’ MI’RAJ 1445 H

Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1445 H di SMK Islamic Centre Baiturrahman Semarang dilaksanakan pada hari Rabu, 07 Februari 2024 tepatnya di aula SMK Islamic Centre Baiturrahman Semarang. Dengan tema yang di angkat pada peringatan Isra’ Mi’raj tahun ini yaitu “Spirit Isra’ Mi’raj Membentuk Pribadi Milenial yang Bermartabat”. Susunan acara kegiatan tersebut dimulai dari pembukaan, penampilan Grup Rebana El-Skimic, Sambutan Ketua Panitia dan sambutan Kepala SMK Islamic Centre Baiturrahman Semarang, Hiburan, Shalawat, Tausiyah dan doa penutup.

Peringatan Isra Miraj adalah salah satu peristiwa penting dalam sejarah Islam. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 27 Rajab dalam kalender Hijriyah, ketika Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa di Yerusalem dan kemudian naik ke langit ketujuh untuk bertemu dengan Allah SWT. Peringatan Isra Miraj biasanya diperingati dengan berbagai kegiatan, termasuk di sekolah-sekolah.

Peringatan Isra Miraj di sekolah merupakan kegiatan yang penting dalam memperkuat pemahaman siswa tentang ajaran Islam dan memperkuat nilai-nilai keagamaan yang terkandung dalam peristiwa Isra Miraj. Dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan, diharapkan siswa dapat lebih memahami ajaran Islam dan dapat mengaplikasikan nilai-nilai keagamaan tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Peringatan Isra Miraj juga dapat memperkuat tali silaturahmi antara siswa dan guru, serta memperkuat hubungan antara sekolah dengan lingkungan sekitarnya.

Memperingati Isra’ Mi’raj sama halnya dengan kembali mengingat bagaimana kekuasaan Allah Yang Maha Agung atas dunia ini dan bagaimana sejarah shalat lima waktu pertama kali diperintahkan. Ustadz K.H. Puryanto, S. Ag dalam tausiyahnya, berpesan kepada para generasi milenial untuk “melatih kedisiplinan serta memanfaatkan umur dengan sebaik-baiknya, berkreasi dan berinovasi dalam hal positif, agar nanti dimasa tua tidak menyesal”.

Kyai. H. Puryanto pun menyampaiakan pentingnya kita berakhlakul Karimah, sebagaimana yang dicontohkan Baginda Rasulullah SAW dalam dakwahnya. Karena dengan akhlak yang baik, akan berdampak pula pada tatanan kehidupan sosial masyarakat yang nyaman dan damai.

Selama acara berlangsung, seluruh warga SMK Islamic Centre Baiturrahman Semarang, terutama para siswa-siswi sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian acara. Kepala sekolah pun berjanji bahwa acara peringatan Isra’ Mi’raj ini akan menjadi agenda rutin di setiap tahunnya, demi untuk mencetak generasi milenial yang berakhlak dan berkarakter yang mampu beradaptasi dan siap menghadapi tantangan zaman.

Red: Nur Rakhmi Noviana, M.Pd., Tim HUMAS SMK Islamic Centre Baiturrahman Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *