Bimbingan dan Pelatihan Guru Binaan Oleh Pengawas SMK

Kota Semarang, 18 Januari 2023 – Sebagai salah satu sekolah yang sudah menerapkan kurikulum merdeka 1, SMK Islamic Centre Baiturrahman melaksanakan bimbingan dan pelatihan (Bimtek) terkait dengan empat topik, yaitu pembelajaran berdiferensiasi, Project Based Learning, Job Sheet, dan LKPD Digital. Bimtek tersebut dinarasumberi langsung oleh Ibu Pengawas Sekolah Dr. Ahlis Qoidah Noor, M.Pd yang selalu berkenan membimbing bapak ibu guru SMK Islamic Centre Baiturrahman. Kegiatan berlangsung dengan penuh semangat ini membahas pembelajaran berdiferensisasi meliputi; konten, proses, dan produk dalam sebuah pembelajaran. Ibu pengawas juga menyampaikan pembelajaran yang berbasis projek atau sering dikenal dengan istilah PJBL (Project Based Learning) ada 6 tahap, yaitu; (1) menentukan pertanyaan dasar (pertanyaan menantang); (2) membuat desain proyek; (3) menyusun penjadwalan; (4) memonitoring kemajuan proyek; (5) penilaian hasil; (6) evaluasi pengalaman.

            Dr. Ahlis Qoidar Noor, M.Pd memberikan pelatihan cara membuat rubrik penilaian menggunakan aplikasi quickrubric sehingga membantu bapak ibu guru dalam proses penilaian pembelajaran. Selain aplikasi quickrubric, ibu narasumber juga memberikan pelatihan aplikasi liveworksheet, yaitu platform yang dapat membantu guru dalam membuat e-worksheet atau lembar kegiatan siswa yang sering dikenal dengan istilah LKPD. Ibu Dr. Ahlis Qoidah Noor, M.Pd menyampaikan bahwa “Bapak ibu guru SMK Islamic Centre Baiturrahman sangat antusias dalam mengikuti bimtek kali ini, apalagi beberapa guru sudah ada yang keterima seleksi 1 guru penggerak yang dilaksanakan oleh Kemendikbud. Mudah-mudahan ini menjadi motivasi guru-guru yang lain untuk bisa ikut dan keterima menjadi guru penggerak dengan berbagai fasilitas dan keuntungan didalamnya”.

            Adanya bimbingan dan pelatihan yang telah dilaksanakan semoga dapat menjadikan kualitas pendidik di sekolah ini dapat bersaing secara global tidak hanya nasional demi kemajuan SMK Islamic Centre Baiturrahman Semarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *