47 Siswa SMK Islamic Centre Baiturrahman Semarang Siap diterjunkan ke Dunia Praktek Kerja Industri

Kota Semarang, 30 November 2022 – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang diproyeksikan pemerintah untuk menjadi sekolah pencetak tenaga kerja setalah lulus nanti tentu  memiliki struktur kurikulum yang berbeda dengan Sekolah Menengah Atas (SMA). Kurikulum SMK banyak kegiatan pembelajaran yang berbasis praktek sehingga menjadi modal penting siswa dalam menghadapi dunia kerja kedepan. SMK Islamic Centre Baiturrahman hari Rabu, 30 November 2022 melepaskan 47 siswa kelas XI untuk mengikuti praktek kerja industri yang telah menjadi mitra sekolah dalam menempatkan praktek kerja maupun penyaluran tenaga kerja. Pelepasan dilakukan secara simbolik dengan menyerahkan id card serta buku panduan praktek kerja industri dalam kegiatan upacara yang berlangsung. Bapak Irham Latif Kurniawan, S.Kom dalam amanatnya berpesan “sebagai peserta didik SMK Islamic Centre Baiturrahman yang akan diterjunkan untuk mengikuti kegiatan praktek kerja industri harus bisa menjaga nama baik sekolah, karena itu sebagai citra kita dimata dunia kerja industri yang akan menjadi tolok ukur bagi adik-adik kelas kalian. Kalian juga masih menjadi siswa SMK Islamic Centre Baiturrahan yang diatur dalam aturan sekolah serta nantinya akan ditarik lagi oleh guru pembimbing ketika praktek kerja industri telah selesai.”

            Kegiatan praktek kerja industri akan dilaksanakan selama tiga bulan, mulai dari bulan Desember 2022 sampai bulan Februari tahun 2023. Kegiatan praktek tersebar dibeberapa wilayah Kota Semarang yang sesuai dengan kompetensi jurusan SMK Islamic Centre Baiturrahman, yakni Jurusan Perbankan Syariah dan Teknik Komputer Jaringan. Bapak Muhamad Asari, S.Sos selaku wakil kepala humas melaporkan “kegiatan praktek kerja industri tahun 2022-2023 SMK Islamic Centre Baiturrahman terdapat 23 dunia kerja industri sebagai tempat praktek siswa. Jurusan Perbankan Syariah terdapat 7 dunia kerja industri, yaitu Bank Muamalat, Bank Jateng Syariah, BTN Syariah, KSPPS Mitra Anda Sejahtera, KSPPS Hudatama, KSPPS Ki Ageng Pandanaran, dan KSPPS Rizky Prima. Sedangakan Jurusan Teknik Komputer Jaringan ada 16 dunia kerja industri meliputi, PT. KAI, PT. PDAM Tirta Moedal, BPTIK Dikbud Provinsi Jawa Tengah, Semarang McBook, Joglo Semar CCTV, CV. Trinity Grup dan lainnya.”

            Praktek kerja industri yang akan dilaksanakan nantinya dapat menjadi modal siswa dalam menghadapi tantangan dunia kerja sekarang. Siswa dapat belajar sebanyak-banyaknya dari dunia kerja industri yang tidak didapatkan ketika belajar dikelas sembari menerapkan konsepsi-konsepsi yang ada di sekolah lalu menerapkannya di lapangan. Selamat melaksanakan praktet kerja industri anak-anak kelas XI bawa nama baik SMK ICB tercinta, selalu semangat dan suskses selalu.

Red: Ery

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *