Successfull Millenial Generation in the Pandemic Era

Semarang, 23 Juni 2021 – menjadi hari yang tidak terlupakan bagi peserta didik kelas XII SMK Islamic Centre Baiturrahman, bagaimana tidak, kenangan belajar selama 3 tahun teringat kembali dalam acara pelepasan kelas XII SMKICB dengan doa-doa dari para guru yang tertuang dalam tema “to be Successfull Millenial Generation in the Pandemic Era”, hari itu terasa sangat spesial karena didatangi langsung oleh Bapak Ketua Umum YPKPI Masjid Raya Baiturrahman sealigus ketua MUI Jawa Tengah, KH. Dr. Ahmad Daroji, M.Si mengucapkan selamat kepada para lulusan dan mengucapkan terimakasih kepada para orang tua yang sudah menitipkan anak-anaknya untuk dididik di SMKICB “anak-anak tidak hanya memperoleh ilmu pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga menjadi anak yang soleh, karena dididik selama 3 tahun dengan nilai-nilai islam yang ada di sekolah” kata Pak Ketua Umum.

Pada hari itu juga dihadiri secara langsung oleh Bapak Ketua Bidang Pendidikan, Drs. H. Soekasdi, dan juga diikuti secara virtual  oleh Bapak Ketua Seksi bidang SMP dan SMK, Drs. H. Misbandono, MM serta Ibunda Pengawas Sekolah YPKPI, Dra. Hj. Sri Tantowiyah, M.Pd yang juga mengikuti secara virtual. Meskipun acara pelepasan tahun 2021 ini dilakukan secara virtual melalui Zoom meeting karena kasus Covid-19 yang meningkat di Semarang, tapi tidak mengurangi rasa bangga, haru, kehidmatan dalam mengikuti acara pelepasan, karena disiapkan dengan baik oleh panitia dan tim teknis yang ahli di bidangnya dan diketuai langsung oleh Diah Ayu Wulandari, S.Pd.

Bapak kepala sekolah, Irham Latif Kurniawan, S.Kom juga hadir dalam acara pelepasan tersebut dan dengan penuh semangat beliau menyampaikan bahwa sekolah ini kedepan akan semakin maju, dengan semangat kebersamaan para guru dan karyawan, dengan kepercayaan orang tua kepada sekolah dalam menitipkan anak didiknya, SMKICB akan semakin berkembang pesat, hal ini juga tidak lepas dari dukungan para pengurus yayasan YPKPI Masjid Raya Baiturrahman Jawa Tengah.

Riyanto, M.Pd selaku wakil kepala sekolah bidang kurikulum melaporkan kegiatan ujian kepada seluruh pengurus yayasan, kepala sekolah, Bapak Ibu Guru dan peserta lulusan serta orang tua, bahwa 108 siswa terdiri dari 59 siswa jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), 49 siswa Perbankan Syariah (PS) telah mengikuti serangkaian ujian meliputi Ujian Sekolah (US) yang dilaksanakan pada bulan April 2021 melalui sistem CBT yang dibangun menggunakan server yang dulu digunakan untuk UNBK, server ini juga yang digunakan untuk membangun platform pembelajaran online (e-learning), kemudian pada bulan Mei dilaksanakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK), TKJ bekerja sama dengan LSP P3 Komputer Jakarta, PS bekerjasama dengan LSP P3 JPK Pratama Semarang, dan 108 siswa semuanya dinyatakan KOMPETEN.

Berdasarkan hasil ujian sekolah dan uji kompetensi keahlian, lulusan terbaik jurusan Perbankan Syariah diperoleh Fina Tri Kusuma, dan jurusan Teknik Komputer Jaringan diperoleh Siti Amellia Ayu Utami, beberapa lulusan juga sudah ada yang diterima bekerja di rekanan Telkom dan juga Bank Syariah, dan juga kuliah, beberapa peserta didik lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Destiana Ayu diterima di Teknik Komputer, Universitas Diponegoro Semarang, Indi Nayu Haliza diterima di Ilmu Politik, UIN Walisongo Semarang.

Sekolah melalui Bapak Ibu guru, sudah memberikan bekal yang terbaik berupa nilai-nilai karakter islam, ilmu pengetahuan dan keterampilan, serta portofolio yang diakui secara nasional yang dikeluarkan oleh BNSP dan se-Asia Tenggara, semoga menjadi bekal dalam menghadapi dunia kerja dan perguruan tinggi, serta terselip doa-doa para guru yaitu bukan hanya harapan menjadi “to be” tapi sudah menjadi “Successfull Millenial Generation in the Pandemic Era”.

Red; R

One thought on “Successfull Millenial Generation in the Pandemic Era”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *